Harga Kubah Masjid ACP

Kubah masjid ACP atau Aluminium Composite Panel  merupakan salah satu bahan untuk membuat kubah masjid selain itu bahan ACP ini juga dapat dipakai untuk bahan bangunan interior mau pun eksterior, bangunan bergedung, SPBU, toko, dan lain lainnya. Bahan ACP ini memiliki keunggulan seperti beratnya yang enteng tetapi meskipun enteng bahan ini memiliki kekuatan yang jauh lebih tinggi, selain itu juga tahan terhadap karat. Bahan ACP ini memiliki sifat yang keras serta kaku dan bahan ACP ini juga dilapisi dengan aluminium sehingga dapat diwarna dengan warna apapun. harga kubah masjid ACP ini lumayan terjangkau selain itu dengan harga yang cukup terjangkau juga dapat menambah kesan mewah pada suatu masjid. Dengan ilmu arsitektur serta desain yang telah berkembang pada saat ini maka tak heran jika desain yang dihasilkan oleh seorang arsitek juga semakin bervariasi, baik dari sisi bentuk, ukuran, maupun corak desainnya. Dengan berbagai sisi tersebut juga dapat mempengaruhi harga kubah itu sendiri, selain itu spesifikasi serta kwalitas yang diberikan juga ikut mempertimbangkan harga kubah tersebut.

Struktur Kubah Masjid ACP

Kubah Masjid ACP (Aluminium Composite Panel) ini mempunyai struktur bahan yang cukup aman dipakai. Bahan ini juga ringan dan juga kuat karena sifatnya yang non toksik, serta tidak beracun. Bahan ACP ini dapat mengurangi kebisingan serta dapat mengurangi suhu udara yang tinggi. Selain itu bahan Acp ini juga awet karena telah dilapisi dengan lapisan cat poliester.

Sejarah Kubah Masjid

Kubah adalah salah satu ciri khas dari sebuah bangunan masjid, meskipun pada dasarnya setiap bangunan masjid tidak harus menggunakan kubah tetapi arsitektur kubah tersebut telah menjadi suatu ciri khas pada masjid, maka jika ada masjid yang tidak memakai kubah seperti ada yang kurang pada bangunan masjid itu.

Pada dasarnya bangunan kubah telah dipakai sejak 6 ribu tahun yang lalu, serta kubah juga sudah dipakai pada bangunan yang bergedung sebagai dekorasi eksterior. Di Indonesia sendiri kubah telah dikenal sejak masa ke 19 masehi dan untuk di pula jawa sendiri kubah mulai dikenal pada masa pertengahan ke 20 masehi. kubah sendiri tidak berakar langsung dari umat muslim melainkan kubah dulunya juga pernah dipakai untuk dekorasi pada bangunan peribadatan umat non muslim. Kubah mulai diperkenalkan oleh umat muslim ketika kubah mulai dipakai pada bangunan msjid yanga ada di Yerussalem yaitu masjid Qubbat as Sakrah.

Dan dari sitilah kubah mulai dianggap jadi arsitektur bangunan yang dipakai pada bangunan masjid pada saat ini. Masjid yang memakai arsitektur kubah maupun tidak juga tidak jadi masalah karena pada dasarnya setiap melakukan pembangunan tempat beribadah harus bertujuan untuk dipakai beribadah tanpa memandang bentuk maupun arsitektur pada bangunan tersebut.

Dengan terdapatnya kubah pada masjid juga memiliki fungsi seperti mempermudah orang untuk mengetahui keberadaan suatu masjid yang di liat dari kejauhan, selain itu kubah juga berperan untuk penandah arah kiblat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *