Oramen Kubah Masjid

Pada saat ini arsitektur kubah sangat identik dengan bangunan masjid, maka tidak heran jika banyak yang jual kubah masjid dan dari bentuknya pun kubah juga beragam. Seperti halnya kubah masjid cv batu mandiri punya kami ini yang bergerak  dalam bidang kontraktor kubah masjid dan juga Pembuatan kubah masjid yang meliputi Enamel, GRC, Galvalum, stainlees, dengan Kualitas Tinggi, Tepat Waktu dan juga Bergaransi, Selain itu ornamen kubah masjid sendiri juga bervariasi, dengan begitu kubah yang dihasilkan nantinya juga akan indah. Pada sekarang ini bangunan kubah biasanya ditambah dengan ornamen berupa kaligrafi. Pada era sekarang ini kaligrafi tidak di tulis dalam kertas maupun kanvas saja namun ada juga kaligrafi yang ditulis dalam media logam, kulit, serta media yang lainnya. Penempatan kaligrafi tersebut juga bisa diletakkan pada dinding masjid, langit langit masjid dan pada bagian kubahnya juga dapat diberikan kaligrafi agar tampak lebih megah.

Berdasarkan jenisnya kubah terdiri dari beberapa macam pilihan seperti kaligrafi turki, kaligrafi persia serta kaligrafi arab. Agar tulisan kaligrafi ini bisa tahan lama biasanya diberi cat khusus ketika membuat kaligrafinya. Dan Kaligrafi biasanya juga dilapisi dengan coating, coating sendiri merupakan lapisan pelindung yang diberi pada tulisan setelah tahap akhir pembuatan. Pada umumnya kaligrafi memiliki 3 varian seperti kaligrafi dengan tambahan kombinasi hiasan awan, ornemen saja tanpa dengan kaligrafi dan juga kaligrafi yang dilengkapi oleh ornamennya.

Bentuk Kubah Masjid

Setiap bentuk kubah pada bangunan masjid pasti memiliki makna serta filosofi filosofi sendiri, seperti bentuk kubah setengah lingkaran yang memiliki makna kebesaran dari Allah SWT. sementara di bagian pondasinya yang melingkar bermakna kebersamaan dan toleransi serta pada bagian mengerucut di bagian atas memiliki filosofi tanda kebesaran dan keesaan Allah SWT.

Semakin majunya zaman bentuk dari kubah juga bervariasi, kubah pada saat ini tidak hanya berbentuk bulat tetapi juga ada yang berbentuk elips lonjong ke atas dan ada juga yang berbentuk segitiga seperti di luar negeri. Bentuk kubah masjid sendiri telah dipengaruhi oleh berbagai aspek seperti aspek geografis dan aspek budaya misalnya saja kubah di daerah afrika selatan yang memiliki bentuk kubah masjid bulat dan juga agak rendah, dan untuk di daerah cina yang menggabungkan arsitektur bergaya cina pada bagian kubahnya. Dan di negara kita Indonesia ini banyak yang mengadopsi bentuk kubah yang bergaya timur tengah.

Berikut bentuk kubah yang digunakan pada bangunana masjid  :

  1. Kubah Setengah Lingkaran

Salah satunya masjid yang menggunakan kubah berbentuk setengah lingkaran yakni Masjid Umar yang berada di Yerussalem yang dibangun pada saat kekuasaan khalifah Abdul Malik, Kubah ini  biasa disebut dengan kubah batu (dome of the rock). Selain itu ada juga masjid Istiqlal yang juga bentuk kubahnya setengah lingkaran.

  1. Kubah Bentuk Oval

Kubah bentuk oval atau lonjong ini mirip seperti telur, dan biasanya bagian bawahnya dimodofikasi agar terlihat unik. Salah satunya Masjid yang menggunakan bentuk kubah ini adalah masjid agung di tuban.

  1. Kubah Bentuk Bawang

Bentuk kubah ini memang mirip seperti bentu bawang dengan bagian bawah yang besar dan atasnya mengerucut seperti bawang, salah satu kuabah masjid yang memakai bentuk ini yakni masjid masjid raya baiturrahman yang ada di Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *