Masjid Tertua di Dunia

Masjid merupakan tempat untuk umat muslim melakukan ibadah sholat. Selain digunakan untuk melakukan sholat masjid juga dipakai sebagai pusat untuk melaksanakn kegiatan yang berhubungan dengan umat islam seperti halnya untuk melakukan pengajian, dan biasanya masjid dipakai untuk anak anak kecil hingga orang dewasa untuk belajar al – qur’an atau mengaji.

Menurut sejarah islam , masjid sangat berperan penting untuk aktifitas sosial dalam masyarakat, ekonomi atau bahkan kemiliteran, dan bisa dikatakan juga masjid merupakan pilar utama untuk menyebarkan agama islam. Bahkan pada saat ini bangunan masjid telah ada di mana mana dari pedeseaan hingga perkotaan telah ada bangunan masjid.

Setiap bangunna masjid peran dari seorang pembuat kubah untuk masjid juga dibutuhkan serta harga kubah masjid di tiap tiap produsennya juga berbeda beda. Serta biasanya masjid ada yang memakai kubah dan ada yang tidak memakai kubah hal itu juga tidak mempengaruhi bangunan dari masjid karena pada dasarnya kubah sendiri tidak berasal dari kebudayaan islam.

Dengan adanya bangunan masjid tentu di dunia ini banyak masjid yang telah berumur ratusan tahun dan ada juga yang sudah ribuan tahun. Berikut beberapa masjid tertua yang ada di dunia :

Masjid Quba

Masjid Quba ini merupakan masjid yang tertua di dunia sebab masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW pada 622 masehi. Selain itu masjid ini memiliki sejarah yang tinggi bagi muslim yang ada di seluruh dunia. Letak masjid ini berada di 5 km di sebelah tenggara kota madinah. Awalnya bangunan masjid ini masih sederhana dan dengan berjalannya waktu masjid ini telah dilakukan renovasi beberapa kali.

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi ini merupakan masjid tertua yang ada di duni ke dua yang juga di bangun oleh Nabi Muhammad SAW setelah membangun masjid Quba. Selain masjid tertua yang ada di indonesia masjid ini juga merupakan masjid terbesar kedua yang ada di dunia. Menurut sejarah tempat masjid ini berdiri dulunya tempat intuk penjemuran kurma milik anak yatim yang kemudian dibeli ole Nabi Muhammad SAW untuk membangun masjid dan juga untuk membangun tempat tinggal beliau.

Masjid al – Qiblatain

Masjid al – Qiblatain  ini merupakan masjid tertua yang berada di madinah. Di masjid ini juga merupakan tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu untuk merubah arah kiblat ke Mekkah yang sebelumnya arah kiblat berada di masjidil aqsha di yerussalem palestina. Arti dari Masjid al – Qiblatain ini memiliki arti yakni masjid dua kiblat, dan pada awalnya masjid ini pada awalnya bernama masjid Bani Salamah.

Masjid Jawatha

Masjid Jawatha ini berada di desa al – kilabiyah, lebih tepatnya berada di sebelah timur laut hofuf, al – ahsa Arab Saudi.Masjid Jawatha ini adalah masjid pertama yang dibangun di bagian timur di arab saudi.Masjid Jawatha ini dibangun pada tahun ke 7 hijriah suku bani abdul qais yang menetap di daerah sana. Kini sebagian besar masjid ini hanya berupa reruntuhan tetapi masih dipakai untuk sebagian orang.

Masjid Al – Haram

Masjid Al – Haram ini telah melakukan beberapa kali renovasi dan juga penambahan bangunan yang ada di sekitaran masjid ini. Selain itu masjid ini dianggap juga tempat palin suci oleh umat muslim seluruh dunia sebab di sini ada bangunan ka’bah, yang mana bangunan ka’bah ini adalah kiblat dari umat muslim di seluruh dunia.S

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *